/7 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Berikut Daftarnya
Foto: Tol Terpeka (Dok. Hutama Karya)

7 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Berikut Daftarnya

Sepanjang era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia tercatat telah membangun dan mengoperasikan jalan tol sepanjang 1.756 kilometer yang terhitung dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2022.

Semenjak Jokowi mulai menjabat sebagai presiden pada tahun 2014, Pemerintah telah secara agresif menambah panjang jalan tol. Baik di Pulau Jawa dengan akses Jalan Tol Trans Jawa maupun di Pulau Sumatra dengan akses Jalan Tol Trans Sumatra.

Hingga September 2022, Kementerian PUPR mencatat total pengoperasian sejumlah ruas jalan tol di Indonesia secara keseluruhan mencapai sepanjang 2.500 km. Pengoperasian terbagi menjadi 68 ruas jalan tol dan 55 badan usaha jalan tol (BUJT) yang tersebar di Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, hingga Pulau Sulawesi.

Sebelum berakhirnya masa kepemimpinan Presiden Jokowi di tahun 2024 mendatang, Pemerintah menargetkan penambahan jalan tol operasi sepanjang 1.014 kilometer. Dengan demikian, total panjang jalan tol yang dioperasikan hingga akhir pemerintahan Jokowi ditargetkan mencapai 3.500 kilometer.

Dari seluruh jalan tol yang telah dibangun, sebanyak 7 diantaranya dinilai menjadi yang terpanjang di indonesia. Berikut daftar 7 jalan tol terpanjang di indonesia :

1. Jalan Tol Terpeka (Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung)

Jalan tol sepanjang 189,4 kilometer ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang telah diresmikan pemerintah pada 15 November 2019.

2. Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar

Jalan tol terpanjang kedua ditempati oleh Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan panjang 140,41 kilometer yang sudah mulai beroperasi dan diresmikan pada 21 Januari 2018.

3. Jalan Tol Pekanbaru – Dumai

Kemudian diurutan ketiga ada Jalan tol Pekanbaru-Dumai yang juga merupakan bagian dari jaringan Tol Trans Sumatra dengan panjang 131,69 kilometer.

4. Jalan Tol Cikampek – Palimanan

Tak hanya Pulau Sumatra yang memiliki jalan tol terpanjang, pemerintah juga telah membangun jalan tol terpanjang di Pulau Jawa. Salah satunya yang juga termasuk dalam jalan tol terpanjang di indonesia yakni Tol Cikampek-Palimanan.

Jalan tol yang kerap disebut Jalan Tol Cipali ini memiliki panjang 116,75 km melintasi Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon.

Jalan tol yang terlah dioperasikan dan diresmikan pada 13 Juni 2015 tersebut menjadi akses penting di Jalan Tol Trans Jawa dengan pengerjaan konstruksi yang dilaksanakan oleh PT Lintas Marga Sedaya.

5. Jalan Tol Balikpapan – Samarinda

Jalan tol terpanjang berikutnya yang berhasil dibangun pemerintah berada di Pulau Kalimantan yaitu Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Jalan tol ini termasuk sebagai salah satu jalan tol terpanjang di Indonesia dengan total mencapai 97,27 kilometer.

6. Jalan Tol Solo – Ngawi

Jalan tol terpanjang lainnya adalah Jalan Tol Solo-Ngawi. Ruas yang telah dioperasikan dan diresmikan pada 15 Juli 2018 itu memiliki total panjang 90,12 kilometer yang menjadi penghubung Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

7. Jalan Tol Ngawi – Kertosono

Jalan tol terpanjang berikutnya merupakan bagian dari Tol Trans Jawa yaitu Jalan Tol Ngawi-Kertosono dengan panjang 87,07 kilometer. Jalan tol yang diresmikan Presiden Jokowi pada 2018 lalu ini menjadi penghubung antara daerah Ngawi dengan Kertosono, Jawa Timur.