/Atasi Kemacetan, PUPR Bakal Bangun Dua Underpass di Kabupaten Tangerang
Dok. Istimewa

Atasi Kemacetan, PUPR Bakal Bangun Dua Underpass di Kabupaten Tangerang

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana akan membangun sebanyak dua underpass di Kabupaten Tangerang yakni Underpass di Jalan Raya Serang, Kecamatan Balaraja dan Underpass di Jalan Raya Bitung, Kecamatan Curug.

Pembangunan dua underpass ini bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansyah Effendi mengungkapkan bahwa pembangunan dua underpass ini ditargetkan akan dimulai pada tahun 2023 mendatang.   

Pembangunan dua underpass ini dikelola langsung oleh Kementerian PUPR setelah melalui proses lelang pada 21 September 2022 lalu yang dimana apabila sudah rampung dinilai mampu mengurai titik kemacetan di wilayah tersebut.

Selain underpass, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga menargetkan beberapa penyelesaian pembangunan infrastruktur pada tahun 2023 mendatang seperti penyelesaian titik-titik betonisasi jalan dan penyelesaian pembangunan flyover di Cisauk.

Tak hanya pembangunan infrastruktur, Pemkab Tangerang juga tengah merencanakan penanganan banjir dengan melakukan beberapa normalisasi aliran sungai melalui koordinasi bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang terbagi dalam beberapa wilayah seperti sungai Cisadane, Cirarab, Cisabi, dan Cimanceuri.