/Capai 62 Persen, Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang ditargetkan Selesai Tahun Ini

Capai 62 Persen, Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang ditargetkan Selesai Tahun Ini

Pekanbaru – Progres pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Bangkinang telah mencapai 62%. PT Hutama Karya (Persero) menargetkan jalan bebas hambatan sepanjang 40 km tersebut dapat tuntas pada tahun ini. Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari koridor pendukung (sirip) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni ruas tol Pekanbaru-Padang yang memiliki panjang 254 km.

Bambang Eko selaku Project Director PT Hutama Karya menyampaikan saat ini progres pembangunan fisik Tol Pekanbaru-Bangkinang pada 23 Maret 2021 telah mencapai 62% dengan total panjang 29 kilometer. 

“Progres konstruksi seksi Pekanbaru-Bangkinang hingga saat ini secara rinci adalah untuk pekerjaan median barrier sekitar 14.5 Km, pekerjaan rigid sepanjang 17.0 Km, pekerjaan LC sekitar 20.0 Km, pekerjaan drainage layer A sekitar 23.0, pekerjaan tanah sekitar 30,0, clearing sekitar 30,0 dan ugry bebas sekitar 21,5 km,” jelas Bambang.

Menurut data dari HK, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang memiliki panjang 40 kilometer dan akan melintasi wilayah mencapai 5 kecamatan di Kabupaten Kampar, yaitu Kecamatan Tambang, Kampar Timur, Rumbio Jaya, Kampar Utara, dan Bangkinang. 

Hingga saat ini, sebagian besar lahan yang dilintasi proyek tersebut telah dibebaskan oleh badan usaha, dan masih ada beberapa ruas di Kecamatan Tambang yang sedang dalam tahap Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dari tim pengadaan tanah kepada badan usaha, dari STA 9+338 hingga STA 12+282 tepatnya di Desa Sungai Pinang. 

Selain itu, ada juga lahan yang masih dalam tahap appraisal atau penaksiran nilai tanah, yaitu STA 0 hingga STA 3+460, yang berlokasi di Desa Rimbo Panjang. 

Bupati Kabupaten Kampar H Catur Sugeng Sugeng Susanto SH saat meninjau ruas tol tersebut menyampaikan harapannya, dengan adanya pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang dapat memberikan multiplier effect terutama dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat kampar.

“Semoga dengan adanya jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuka peluang usaha. Semoga jalan tol Pekanbaru-Bangkinang dapat memberikan multiplier efek untuk peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Kampar,” ucap Bupati.