/Google Maps Kini Punya Fitur Cek Tarif Tol, Begini Cara Penggunaannya

Google Maps Kini Punya Fitur Cek Tarif Tol, Begini Cara Penggunaannya

Bagi para pengguna jalan tol, informasi tarif tol terbaru bisa jadi sangat membantu. Terutama untuk memastikan apakah saldo e-toll cukup saat berada di gerbang keluar. Nah, perusahaan teknologi Google, saat ini sudah menambahkan inovasi fitur untuk mengetahui tarif tol di Google Maps (tarif tol Google Maps). Aplikasi tersebut kini sudah menyediakan rincian informasi biaya yang dibutuhkan ketikan melewati jalan tol.

Penyediaan fitur baru tersebut diumumkan oleh Google melalui akun Twitter resminya @googlemaps, Senin 13 Juni 2022.

“Berikut fitur baru ini untuk anda yang merencanakan perjalanan. Kini, ketika merencanakan perjalanan panjang maupun pendek, anda bisa mengecek estimasi tarif tol sebelum memilih rute,” tulis Google, dikutip Kamis 23 Juni 2022.

Seperti yang disampaikan, tarif tol yang diinformasikan oleh Google Maps bersifat estimasi atau perkiraan saja. Artinya, tarif tol yang nantinya akan dibayar saat perjalanan bisa jadi berbeda.

Fitur di Google Maps ini juga menyediakan informasi apabila terjadi kemacetan di jalan, kecelakaan, penutupan lajur jalan tol, hingga informasi apabila ada pembatasan kendaraan ganjil dan genap.

Dengan bermodalkan informasi dari Google Maps ini, pengendara memiliki opsi perjalanan yang beragam untuk mempersiapkan perjalanan mereka.

Berikut ini cara melihat tarif tol di Google Maps (informasi tarif tol di Google Maps) :

1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone, jangan lupa untuk menyalakan GPS

2. Ketuk layar “Telusuri di Sini” di bagian atas tampilan Google Maps

3. Ketik lokasi yang akan dituju

4. Ketuk tombol “Rute” yang berwarna biru jika mengguna rute awal “Lokasi Anda” saat ini

5. Pastikan pilih menggunakan moda kendaraan mobil pribadi

6. Ketuk pada bagian waktu tempuh dan jarak untuk melihat informasi lebih detail. Pada detail informasi tersebut, tersedia informasi tarif tol yang tersedia di Google Maps (tarif tol Google Maps).

Untuk menghilangkan rasa penasaran mengenai fitur tersebut, Melansir Media Bisnis Indonesia yang telah mencoba menggunakan aplikasi Google Maps di smartphone Android dengan rute dari Jakarta Barat menuju Bekasi, Jawa Barat.

Menyatakan bahwa terdapat dua rute menggunakan jalan tol yang ditampilkan pada tampilan peta rute yakni dengan tarif Rp17.500 dengan lama perjalanan 1 jam 23 menit, serta Rp24.500 dengan durasi 1 jam 22 menit. (lihat gambar kiri).