/Gunakan Teknologi Terbaru, PAM Jaya Bangun IPA Mookervart Ubah Air Sungai Jadi Air Minum

Gunakan Teknologi Terbaru, PAM Jaya Bangun IPA Mookervart Ubah Air Sungai Jadi Air Minum

Jakarta – Mengusung teknologi canggih terbaru, PAM Jaya tengah membangun Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Mookervart untuk mengelola air Sungai Mookervart menjadi air minum bagi warga Rusun Daan Mogot. IPA Mookervart ini akan dibangun dengan kapasitas produksi sebanyak 10 liter per detik dan akan menambah jumlah pelanggan sebanyak 9.700 pelanggan.

 Direktur Utama PAM Jaya, Priyatno Bambang Hernowo menyampaikan IPA Mookervart ini ditargetkan rampung pada Februari 2021 mendatang. Adapun setelah rampung nanti IPA Mookervart ini akan beroperasi setiap hari selama 24 jam dengan kualitas air olahan sesuai standar air minum yang telah diatur dalam Permenkes 492 tahun 2010.

“Pembangunan IPA Mookervart ini memanfaatkan air dari Sungai Mookervart dan Waduk Daan Mogot sebagai sumber air bakunya dan akan diolah dengan teknologi komplet untuk memastikan kualitasnya. Ini merupakan salah satu quick win solution PAM Jaya dalam percepatan pelayanan,”jelas Priyatno

IPA Mookervart yang tengah dibangun ini merupakan salah satu wujud nyata dari PAM Jaya untuk melayani kebutuhan air bersih bagi Rusun Daan Mogot dengan memanfaatkan pengolahan air baku dari sungai Mookervart Jakarta Barat dengan menggunakan teknologi Moving Bed Bio Reactor (MBBR) yang mampu mengolah polutan organic dan amoniak dengan bantuan organisme yang tumbuh pada suatu media.

Air baku yang dihasilkan tersebut kemudian diolah dengan proses Ultra Filtration yang menggunakan membrane untuk memisahkan semua partikel seperti debu, bakteri hingga virus. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan teknologi Riverse Osmosis (RO) yang akan memisahkan unsur garam serta polutan lainnya, kombinasi dari pengaplikasian teknologi ini dapat menghasilkan air berkualitas diri yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat.

Sementara itu, Kasubbag TU UPRS Tambora Ahmad Khaerurohim selaku pengelola Rusun Daan Mogot menyampaikan apresiasinya untuk aplikasi teknologi tersebut.

“Air bersih ini adalah hal yang dinantikan oleh seluruh warga di area Rusun Pesakih dan kami sangat menyambut gembira pembangunan IPA Mookervart oleh PAM Jaya ini,”jelas Ahmad

Sumber Foto : Dok. PAM Jaya