/OpenRoads Designer, Solusi Baru Permodelan Proyek Jaringan Jalan

OpenRoads Designer, Solusi Baru Permodelan Proyek Jaringan Jalan

Jakarta – Pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia masih menjadi salah satu fokus pemerintah dalam 5 tahun kedepan, baik itu Jalan Nasional maupun Jalan Tol. Infrastruktur jalan ini menjadi sektor utama dalam pengembangan suatu kawasan baru dalam mendukung peningkatan perekonomian Indonesia.

Dalam penerapannya, berbagai inovasi teknologi pembangunan infrastruktur terus berkembang guna melayani berbagai kebutuhan para pelaku konstruksi di Indonesia. Salah satunya adalah teknologi dalam software OpenRoads Designer yang merupakan aplikasi desain terperinci yang berfungsi untuk melakukan pemetaan survey, drainase, utilitas bawah tanah hingga desain jalan raya melalui InRoads, GEOPAK, MX, dan PowerCivil.

Dalam software OpenRoads Designer ini dapat mengubah praktik dilapangan untuk menghasilkan desain dan konstruksi serta memastikan pertukaran data selama proyek atau siklus hidup suatu aset. Selain itu, dalam aplikasi ini terdapat beberapa keuntungan lain nya, seperti pengguna dapat mencapai keuntungan dalam kinerja permodelan eksponensial dengan produksi hasil desain yang berpusat pada modeling.

Pengguna juga dapat mengumpulkan data konteks dengan cepat dari berbagai sumber seperti pada survei tradisional, point cloud, jaring realitas 3D, Data Medan, gambar serta pada informasi geospasial untuk ditampilkan pada pengaturan ‘real-world’ dalam proyek yang sedang dijalankan.

Kemudian terdapat juga fitur untuk memungkinkan pengguna berbagi informasi terkini terkait tim, lokasi, kedisiplinan serta keamanan dalam suatu proyek. Selain itu dapat juga memperoleh hasil dokumentasi multi-discipline pada setiap aset pekerjaan suatu proyek serta dapat juga membagikan visualisasi realistis kepada publik atau user pemangku kepentingan dalam rangka pelaporan maupun review terkait proyek.

Sumber Foto : Dok. Engineering.com