/PUPR Siap Lelang Dua Ruas Jalan Tol Di Kuartal Akhir 2022
Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk

PUPR Siap Lelang Dua Ruas Jalan Tol Di Kuartal Akhir 2022

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana akan melelang dua jalan tol di kuartal keempat pada tahun ini melalui skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Kedua ruas jalan tol yang akan dilelang tersebut yaitu Tol Semanan-Balaraja di Provinsi Banten dan Jawa Barat, serta Tol Cikunir-Karawaci di Banten dan DKI Jakarta.

Meskipun demikian, Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menyebut pihaknya belum bisa memastikan kapan waktu tepatnya agenda lelang tersebut dilaksanakan.

Salah satu dari kedua jalan tol tersebut yakni Jalan Tol Semanan-Balaraja nantinya akan terhubung dengan ruas Jalan Tol TangerangaMerak, Serpong-Balaraja, dan enam ruas tol dalam kota DKI.

Selain itu, Infrastruktur konektivitas yang rencananya akan memiliki sebanyak 9 simpang susun tersebut kini tengah diusulkan untuk masuk ke dalam PPP (Public Private Partnership) Book 2022.

Proyek Tol Semanan-Balaraja yang diprakarsai oleh konsorsium PT Alam Sutera Realty dan PT Perentjana Djaja ini terletak di Provinsi Banten, tepatnya di daerah Kota Tanggerang dan Kabupaten Tanggerang.

Titik awal tol akan berada di on/off ramp Semanan sampai interchange Balaraja, tol ini akan terhubung dengan Tol Tangerang – Merak.

Sedangkan Tol Cikunir-Karawaci yang diprakarsai oleh PT Earth Investment Indonesia dan PT Lintas Indonesia Sejahtera ini dirancang akan dibangun di atas ruas jalan tol dalam kota dengan panjang kurang lebih 40 kilometer untuk meningkatkan kinerja jaringan jalan di Jabotabek serta mengatasi masalah kemacetan.

Adapun titik awal tol terletak di Cikunir (persimpangan antara Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Deta dan titik akhir setelah persimpangan Alam Sutera.