/Wagub Sumbar, Audy Joinaldy Apresiasi Kerja PT. HKI untuk Percepatan Konstruksi Tol Padang – Sicincin

Wagub Sumbar, Audy Joinaldy Apresiasi Kerja PT. HKI untuk Percepatan Konstruksi Tol Padang – Sicincin

Jakarta – Berkat terjalinnya kerjasama yang baik dengan seluruh masyarakat Sumatera Barat dan Dinas terkait, hal itu membantu tim PT Hutama Karya Infrastruktur mempercepat proses konstruksi Tol Padang-Sicincin. Terlihat pada beberapa titik struktur jalan yang melintasi ruas jalan nasional telah diselesaikan. 

Struktur fisik Jalan Tol yang sudah diselesaikan proses pengerjaannya antara lain, Pengerjaan Underpass di Korong Kayu Kapur, Kenagarian Sungai Buluh Selatan, Kecamatan Batang Anai, dan Kabupaten Padang Pariaman. 

Sebelumnya pengerjaan Underpass ini perlu memakan waktu sampai 5 hari, karena lokasi pengerjaan merupakan arus lalu lintas jalan nasional yang padat volume dan proses pengerjaan dilakukan dengan sistem buka-tutup jalan, akan tetapi dengan perencanaan dan pertimbangan yang strategis, tim PT Hutama Karya Infrastruktur mampu menyelesaikannya dalam waktu 3 hari saja. 

Sistem buka-tutup Jalan Nasional, dilakukan atas persetujuan dari pihak terkait yakni Balai Jalan Nasional Kementerian PUPR, Dinas Perhubungan Sumatera Barat, Polda Sumbar, Pemkab Padang Pariaman, dan juga Sat-Lantas Polres Padang Pariaman. Tim koordinasi lapangan langsung dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Padang Pariaman yang berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Padang Pariaman. 

Pengerjaan Underpass jalan tol ini memiliki panjang 40 meter dan berada pada KM 6+200, underpass tersebut merupakan penghubung jalan tol dan salah satu bangunan yang paling penting dalam pengerjaan. 

Suharti Bur selaku Bupati Padang-Pariaman mengapresiasi atas kinerja tim PT HKI yang sesuai target dengan total proses pengerjaan dalam waktu 3 hari saja, yang sebelumnya izin waktu yang diajukan oleh PT HKI kepada Pemkab sebanyak 5 hari, yaitu dari tanggal 14 Juli 2021 sampai dengan tanggal 20 Juli 2021. 

“Selaku Kepala Daerah tentunya saya mengapresiasi kerja keras yang dilakukan HKi karena kurun waktu 3 hari saja pengerjaan underpass itu bisa selesai. Saya berharap pembangunan Jalan Tol ini tetap berlanjut dan Masyarakat bisa menikmati dampak dari pembangunan ini nantinya,” jelasnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy juga menyampaikan apresiasinya atas penyelesaian pengerjaan underpass jalan tol. 

“Alhamdulillah, pengerjaan underpass Jalan Tol sudah siap dikerjakan dan tentunya Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru tetap dikerjakan sampai selesai.

Harapan kita tentunya, bagaimana nanti perekonomian masyarakat Sumatera Barat dapat meningkat sejalan dengan tersedianya sarana prasarana Lalu-lintas yang sudah disediakan Pemerintah,” katanya melalui pesan WhatsApp.

Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Padang-Pekanbaru, Seksi Padang-Sicincin sepanjang 36.600 kilometer terus dilakukan, sampai saat ini proses pekerjaan sudah mencapai sekitar 42%, dan akan ditargetkan selesai pada akhir Desember 2022 mendatang. 

“Kita ucapkan terimakasih kepada semua lapisan masyarakat Sumbar umumnya, pihak terkait seperti tim Polda Sumbar, Sat-Brimob Polda Sumbar, Sat-Lantas Polres Padang Pariaman dan Dinas Perhubungan Padang Pariaman, dimana dengan dukungan semua pihak pengerjaan underpass di KM 6+200 ini dapat diselesaikan tepat waktu. Dan juga bagi pengguna Jalan Nasional, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan selama pengerjaan underpass yang dilakukan.” pungkas Buya Dodi Candra yang merupakan salah satu tim PT Hutama Karya Infrastruktur.